membuka di jendela baru
SIARAN PERS 11 Juni 2024

macOS Sequoia membawa produktivitas dan kecerdasan pada Mac ke tingkat yang lebih tinggi

Pengalaman Mac menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan iPhone Mirroring, pembaruan besar pada Safari, game yang sangat dinantikan, dan Apple Intelligence untuk menghadirkan kemampuan yang sepenuhnya baru
MacBook Pro menampilkan iPhone Mirroring; Mac menampilkan Sorotan di Safari; dan MacBook Pro lainnya menampilkan pengalaman bermain game yang lebih imersif.
macOS Sequoia memperluas fitur Kontinuitas dengan iPhone Mirroring, menambahkan alat baru untuk produktivitas dan konferensi video, serta menghadirkan pengalaman bermain yang lebih imersif dengan berbagai game yang luar biasa.
CUPERTINO, CALIFORNIA Apple hari ini meluncurkan pratinjau macOS Sequoia, versi terbaru dari sistem operasi desktop tercanggih di dunia, yang menghadirkan cara kerja yang sepenuhnya baru dan fitur kecerdasan transformatif pada Mac. macOS Sequoia penuh dengan kemampuan baru yang menarik, termasuk iPhone Mirroring, yang memperluas Kontinuitas dengan memungkinkan akses dan kontrol penuh terhadap iPhone secara langsung dari macOS. Safari kembali mendapatkan pembaruan besar dengan fitur Sorotan baru untuk menemukan informasi dengan mudah di halaman web saat menjelajah. Aplikasi Kata Sandi yang baru semakin memudahkan akses kata sandi dan mengatur kredensial di satu tempat. Game semakin menarik dengan pengalaman yang lebih imersif, serta berbagai judul baru, termasuk Assassin's Creed Shadows, Frostpunk 2, dan masih banyak lagi.
macOS Sequoia juga menghadirkan Apple Intelligence, sistem kecerdasan personal untuk Mac, iPhone, dan iPad, yang menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks personal untuk menghadirkan kecerdasan yang sangat berguna dan relevan. Dibangun dengan mengutamakan privasi, Apple Intelligence terintegrasi secara mendalam ke dalam macOS Sequoia, iOS 18, dan iPadOS 18. Kecerdasan ini memahami dan menciptakan bahasa serta gambar, mengambil tindakan di berbagai aplikasi, dan mengacu pada konteks pribadi, menyederhanakan dan mempercepat tugas sehari-hari. Memanfaatkan sepenuhnya kekuatan Apple silicon dan Neural Engine, Apple Intelligence akan didukung oleh semua Mac dengan chip seri M.1
“Kombinasi kekuatan Apple silicon dan kemudahan penggunaan macOS yang legendaris telah membuat Mac semakin mumpuni dari sebelumnya. Hari ini, kami sangat senang dapat membawa macOS ke level yang lebih tinggi dengan macOS Sequoia, sebuah peluncuran besar yang meningkatkan produktivitas dan kecerdasan,” kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple. “macOS Sequoia mengusung Apple Intelligence, menghadirkan fitur-fitur baru yang luar biasa yang akan membawa perubahan besar ketika bekerja di Mac. Dan dengan lebih banyak cara untuk membantu pengguna menyelesaikan berbagai hal dengan mudah, fitur Kontinuitas baru seperti iPhone Mirroring, pembaruan besar pada Safari, dan sejumlah game baru, kami yakin pengguna Mac akan menyukainya.”

Gunakan iPhone Secara Nirkabel Langsung dari Mac dengan iPhone Mirroring

macOS Sequoia membuat Kontinuitas menjadi semakin menakjubkan dengan iPhone Mirroring, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berinteraksi sepenuhnya dengan iPhone mereka — langsung dari Mac mereka. Wallpaper dan ikon khusus pengguna muncul persis seperti di iPhone mereka, dan mereka dapat menggeser antar halaman di Layar Home, atau meluncurkan dan menjelajahi aplikasi favorit mereka. Papan ketik, trackpad, dan tetikus pada Mac juga memungkinkan pengguna berinteraksi dengan iPhone mereka, bahkan audio juga dapat terdengar. Pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan menyeret dan meletakkan layar antara iPhone dan Mac, dengan iPhone yang tetap terkunci, sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses atau melihat apa yang dilakukan pengguna. Fitur ini juga bekerja sangat baik dengan Siaga, yang tetap terlihat, sehingga pengguna dapat memperoleh informasi dalam sekejap. Selain itu, pengguna dapat meninjau dan merespons pemberitahuan iPhone secara langsung dari Mac mereka.

Pembaruan Besar Hadir di Safari

Safari, browser tercepat di dunia,2 kini menawarkan Sorotan, cara yang lebih mudah untuk menemukan informasi di web, seperti petunjuk arah, rangkuman, atau tautan cepat untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang orang, musik, film, dan acara TV. Fitur Pembaca kini didesain ulang untuk menghadirkan lebih banyak cara untuk menikmati artikel tanpa distraksi, menampilkan tampilan ringkas dari artikel yang sedang dibaca pengguna, ringkasan, dan daftar isi untuk artikel yang lebih panjang. Dan ketika Safari mendeteksi video di halaman, Penampil membantu pengguna menempatkannya di bagian fokus tengah, sambil tetap memberikan akses penuh ke kontrol pemutaran sistem, termasuk Gambar dalam Gambar.

Bermain Game Semakin Seru dengan Kehadiran Berbagai Game yang Sudah Dinanti-nantikan dan Lebih Banyak Fitur Lainnya

Jajaran game yang luar biasa akan hadir di Mac — termasuk Assassin's Creed Shadows yang sangat dinanti-nantikan, seri berikutnya dari seri blockbuster Ubisoft — beserta fitur-fitur baru seperti Audio Spasial yang Dipersonalisasi, yang membuat game menjadi lebih imersif.
  • Game yang sangat ditunggu-tunggu: Para pengembang menghadirkan sejumlah game baru yang luar biasa di Mac. Ubisoft akan merilis Prince of Persia: The Lost Crown dan Assassin's Creed Shadows, dan Capcom akan menawarkan judul-judul yang lebih menarik lagi dari seri RESIDENT EVIL yang populer, termasuk RESIDENT EVIL 7 biohazard dan RESIDENT EVIL 2. Ekspansi besar berikutnya dari World of Warcraft: The War Within akan hadir tahun ini. Selain itu, ada juga Frostpunk 2, Palworld, Sniper Elite 4, dan RoboCop: Rogue City, yang semuanya memanfaatkan teknologi perangkat lunak canggih seperti MetalFX Upscaling untuk mempercepat performa dan menghadirkan visual berkualitas tinggi di seluruh jajaran produk Mac. Control Ultimate Edition dan Wuthering Waves juga akan segera hadir, memanfaatkan jajaran chip M3 terbaru untuk menghadirkan visual yang menakjubkan dengan ray tracing.
  • Pengalaman bermain game yang lebih imersif: Audio Spasial yang Dipersonalisasi menempatkan pemain di tengah-tengah aksi dengan begitu menakjubkan, sementara latensi audio yang berkurang secara signifikan dengan AirPods Pro (generasi ke-2) memberikan daya respons yang lebih baik. Peningkatan pada Mode Game membuka kecepatan frame yang lebih halus, dan fitur manajemen daya canggih meningkatkan performa di seluruh jajaran Mac.
  • Game Porting Toolkit 2: Sejak diperkenalkannya Game Porting Toolkit, para pengembang dapat menghadirkan game mereka ke perangkat Apple dengan lebih cepat dari sebelumnya, dan para penggemar game dapat menikmati lebih banyak game di Mac. Game Porting Toolkit 2 membawa hal ini ke level baru dengan beberapa kemampuan yang paling banyak diminta oleh pengembang game, semakin mempermudah hadirnya game-game canggih ke Mac, serta iPhone dan iPad.
Ubisoft akan merilis Assassin's Creed Shadows (di atas) yang telah lama dinanti-nantikan, seri berikutnya dari seri laris ini — dan juga Prince of Persia: The Lost Crown di Mac.

Penataan Jendela Menjadi Lebih Mudah dan Cepat

Pengguna dapat tetap menjaga keteraturan dengan cara baru untuk mengatur jendela ke dalam tata letak yang paling sesuai untuk mereka. Saat pengguna menyeret jendela ke tepi layar, macOS Sequoia secara otomatis menyarankan posisi petak di desktop mereka. Pengguna dapat melepaskan jendelanya tepat pada tempatnya, mengatur petak secara berdampingan dengan cepat, atau menempatkannya di sudut-sudut agar lebih banyak aplikasi yang terlihat. Dan pintasan papan ketik dan menu yang baru membantu pengguna menata petak dengan lebih cepat.
Penataan jendela yang lebih mudah memungkinkan pengguna menyeret jendela dengan cepat ke area utama di layar mereka agar mudah mengaturnya menjadi petak yang berdampingan, atau menempatkannya di sudut agar lebih banyak aplikasi yang terlihat.

Konferensi Video Mendapatkan Lebih Banyak Pembaruan

Pratinjau presenter yang baru memudahkan presentasi, sehingga pengguna dapat melihat apa yang akan mereka bagikan sebelum membagikannya, dan berfungsi dengan aplikasi seperti FaceTime dan Zoom. Pengguna juga dapat menerapkan latar belakang bawaan yang indah, termasuk berbagai gradien warna dan wallpaper sistem, atau mengunggah foto milik mereka sendiri. Penggantian latar belakang dapat diterapkan saat melakukan panggilan video di FaceTime atau di aplikasi pihak ketiga seperti Webex, dan dengan segmentasi Apple yang terdepan di industri ini, pengguna akan tampil maksimal saat melakukan panggilan.

Aplikasi Kata Sandi Baru Menjaga Kredensial Tetap Aman dan Tertata

Dibangun berlandaskan Rantai Kunci, yang pertama kali diperkenalkan lebih dari 25 tahun yang lalu, macOS Sequoia menghadirkan Kata Sandi, sebuah aplikasi baru yang semakin memudahkan akses kata sandi, kunci sandi, kata sandi Wi-Fi, dan kredensial lainnya di satu tempat. Sinkronisasi iCloud didukung oleh enkripsi menyeluruh yang aman. Aplikasi Kata Sandi bekerja sangat baik dengan Safari, dan menyinkronkan dengan lancar antara perangkat Apple pengguna dan Windows dengan aplikasi iCloud untuk Windows.
Aplikasi Kata Sandi yang baru ditampilkan di MacBook Pro pengguna.
Aplikasi Kata Sandi yang baru semakin memudahkan akses kata sandi dan mengatur kredensial di satu tempat.

Apple Intelligence Menghadirkan Babak Baru AI di Mac

Terintegrasi secara mendalam ke dalam macOS Sequoia dan dibangun dengan mengutamakan privasi, Apple Intelligence menghadirkan cara-cara baru bagi pengguna untuk menyempurnakan tulisan mereka dan berkomunikasi dengan lebih efektif. Dengan Alat Penulisan bawaan baru yang tertanam dalam macOS Sequoia, pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks hampir di semua tempat mereka menulis, termasuk Mail, Catatan, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.
Kemampuan gambar yang baru membuat komunikasi dan ekspresi diri menjadi lebih menarik. Dengan Image Playground, pengguna dapat membuat gambar yang menarik dalam hitungan detik, dengan memilih dari tiga gaya: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa. Image Playground mudah digunakan, terintegrasi langsung ke dalam aplikasi seperti Pesan, dan juga tersedia dalam aplikasi khusus.
Image Playground yang didukung Apple Intelligence ditampilkan di MacBook Pro pengguna.
Dengan Image Playground, pengguna dapat memilih dari berbagai konsep dari kategori, mengetikkan deskripsi untuk mendefinisikan gambar, memilih seseorang dari perpustakaan foto pribadi mereka untuk disertakan dalam gambar mereka, dan memilih gaya favorit mereka.
Memori di Foto memungkinkan pengguna membuat cerita yang ingin mereka lihat hanya dengan mengetikkan deskripsi. Apple Intelligence akan memilih foto dan video terbaik berdasarkan deskripsi, merangkai alur cerita dengan bab-bab berdasarkan tema yang diidentifikasi dari foto-foto tersebut, dan menyusunnya menjadi sebuah film dengan alur ceritanya sendiri. Selain itu, alat Pembersih baru dapat mengidentifikasi dan menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto, tanpa mengubah subjek secara tidak sengaja.
MacBook Pro milik pengguna menampilkan pengalaman Siri yang telah diperbarui.
Siri di Mac menjadi lebih alami dan membantu. Pengguna dapat mengetik ke Siri, dan beralih antara teks dan suara untuk berkomunikasi dengan Siri melalui cara apa pun yang dirasa tepat untuk situasi tersebut.
Dengan kemampuan Apple Intelligence, Siri mengalami kemajuan besar, menjadi lebih alami, relevan secara kontekstual, dan personal. Selain itu, pengguna dapat mengetik ke Siri, dan beralih antara teks dan suara untuk berkomunikasi dengan Siri melalui cara apa pun yang dirasa tepat untuk situasi tersebut — membuat pengalaman Siri di Mac menjadi sangat mudah dan lancar.
Dengan Komputasi Cloud Pribadi, Apple menetapkan standar baru untuk privasi dalam AI, dengan kemampuan untuk melenturkan dan meningkatkan kapasitas komputasi antara pemrosesan di perangkat dan model berbasis server yang lebih besar yang berjalan di server Apple silicon khusus. Ketika permintaan disalurkan ke Komputasi Cloud Pribadi, data pengguna tidak disimpan maupun tidak dapat diakses oleh Apple, dan hanya digunakan untuk memenuhi permintaan pengguna - janji privasi ini dapat diverifikasi oleh ahli independen.
Selain itu, akses ke ChatGPT diintegrasikan ke dalam Siri dan Alat Menulis di seluruh platform Apple, sehingga pengguna dapat mengakses keahliannya, serta kemampuannya dalam memahami gambar dan dokumen, tanpa perlu berpindah-pindah alat.
Fitur-fitur lainnya di macOS Sequoia mencakup:
  • Messages menghadirkan pembaruan besar pada cara pengguna mengekspresikan diri dan tetap terhubung, termasuk efek teks yang sepenuhnya baru, Tapback emoji dan stiker, dan kemampuan untuk menjadwalkan pesan untuk dikirim nanti.
  • Peta Apple memperkenalkan lebih banyak lagi cara untuk menjelajahi dunia, termasuk pendakian yang dikurasi dan rute jalan kaki khusus. Mulai tahun ini, pengguna dapat menelusuri ribuan pendakian di 63 taman nasional di Amerika Serikat, yang difilter berdasarkan jarak, ketinggian, serta jenis rute, dan menyimpannya untuk digunakan saat offline.
  • Foto kini menampilkan Koleksi, yang secara otomatis mengatur perpustakaan pengguna berdasarkan tema-tema praktis, dan menghadirkan pembaruan besar pada pencarian yang membuat pengguna dapat memperoleh hasil dengan cepat.
  • Mencatat di Catatan semakin cerdas, mempermudah pembuatan catatan yang mendetail dan ditulis dengan baik. Fitur transkripsi dan rangkuman audio baru dengan Apple Intelligence memungkinkan perangkat membuat catatan untuk pengguna, sehingga mereka bisa tetap fokus mendengarkan meskipun mereka harus mencatat detail tentang apa yang terjadi. Dan jika mereka perlu menghitung angka dengan cepat, mereka tinggal mengetikkan persamaan untuk menyelesaikannya secara otomatis dalam isi catatan mereka.
  • Aplikasi Kalkulator yang telah diperbarui memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat penghitungan sebelumnya, dan membuat pengguna melihat ekspresi selagi mereka mengetik.
  • Kalender menampilkan acara dan tugas dari Pengingat, sehingga mudah untuk melihat, mengedit, atau menyelesaikan tugas sepanjang hari. Tampilan Bulan yang diperbarui membuat acara dan pengingat untuk satu bulan penuh lebih mudah dilihat dalam sekejap.
Ketersediaan
Versi beta pengembang macOS Sequoia tersedia melalui Program Pengembang Apple di developer.apple.com mulai hari ini, dan versi beta untuk publik akan tersedia bulan depan melalui Program Perangkat Lunak Beta Apple di beta.apple.com. Rilisan ini akan tersedia tahun ini sebagai pembaruan perangkat lunak gratis. Apple Intelligence akan tersedia dalam versi beta di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac dengan M1 dan lebih baru, dengan Siri dan bahasa perangkat yang diatur ke bahasa Inggris AS, sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia tahun ini. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi apple.com/macos/macos-sequoia-preview dan apple.com/apple-intelligence. Fitur dapat berubah sewaktu-waktu. Beberapa fitur tidak tersedia di semua wilayah atau semua bahasa, atau di semua perangkat. Untuk informasi selengkapnya tentang ketersediaan, kunjungi apple.com/id.
Bagikan artikel

Media

  • Teks artikel ini

  • Gambar dalam artikel ini

  1. Pengguna yang memiliki iPhone, iPad, atau Mac yang memenuhi syarat dengan Siri dan bahasa perangkat yang diatur ke bahasa Inggris (AS) dapat mendaftar untuk mengakses Apple Intelligence beta tahun ini.
  2. Pengujian dilakukan oleh Apple pada bulan Mei 2023. Lihat apple.com/id/safari untuk informasi selengkapnya.

Kontak Pers

Jennifer Lie

Apple

[email protected]

(62) 812 8496 8486

Izzie Saleh Ali

Apple

[email protected]

(65) 8876 5933