membuka di jendela baru
SIARAN PERS 11 Juni 2024

watchOS 11 menghadirkan informasi kesehatan dan kebugaran yang canggih, serta lebih banyak personalisasi dan konektivitas

Memperkenalkan aplikasi Vital, beban latihan, cara baru untuk menyesuaikan lingkaran Aktivitas, penyesuaian canggih pada Tumpukan Cerdas dan wajah Foto, dan aplikasi Terjemahan di Apple Watch
Tiga perangkat Apple Watch Series 9 menunjukkan fitur-fitur baru yang tersedia di watchOS 11.
watchOS 11 menghadirkan sebuah terobosan wawasan mengenai kesehatan dan kebugaran pengguna, serta personalisasi yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya.
CUPERTINO, CALIFORNIA Apple hari ini merilis pratinjau WatchOS 11, dengan fitur-fitur yang dikembangkan menggunakan teknologi sensor terdepan, alogaritme canggih, dan pendekatan berbasis sains untuk memberikan sebuah terobosan wawasan mengenai kesehatan dan kebugaran pengguna, serta lebih personal dari sebelumnya. Aplikasi Vital yang baru menampilkan konteks dan metrik utama kesehatan untuk membantu pengguna membuat keputusan sehari-hari dengan lebih tepat, dan kemampuan untuk mengukur beban latihan memberikan pengalaman baru yang inovatif saat berolahraga untuk meningkatkan kebugaran dan performa. Lingkaran Aktivitas bahkan lebih mudah disesuaikan, Tumpukan Cerdas dan wajah Foto menggunakan kecerdasan untuk menampilkan lebih banyak fitur yang dapat dipersonalisasi, serta Apple Watch dan aplikasi Kesehatan di iPhone dan iPad menawarkan dukungan tambahan bagi pengguna yang sedang hamil. Check In, aplikasi Terjemahan, dan kemampuan baru untuk gerakan ketuk dua kali hadir di Apple Watch untuk konektivitas dan kenyamanan tambahan.
“watchOS adalah sistem operasi wearable paling canggih di dunia, mendukung pengguna Apple Watch dalam aktivitas mereka sehari-hari untuk tetap sehat, aktif, dan terhubung,” kata David Clark, Senior Director of watchOS Engineering Apple. “Tahun ini, watchOS 11 menjadikan Apple Watch sebagai pendamping yang lebih penting dengan memberikan pengguna tambahan wawasan yang dapat ditindaklanjuti mengenai kesehatan dan kebugaran mereka, lebih banyak personalisasi yang dapat disesuai dengan kebutuhan unik mereka, dan cara-cara baru untuk tetap terhubung saat bepergian.”

Aplikasi Vital Menampilkan Wawasan yang Lebih Luas tentang Metrik Utama Kesehatan

Apple Watch memungkinkan pengguna mengukur metrik kesehatan penting selama tidur: detak jantung, laju pernapasan, suhu pergelangan tangan, durasi tidur, dan oksigen darah. Dengan watchOS 11, aplikasi Vital yang baru dapat memberikan cara bagi pengguna untuk melihat metrik utama kesehatan dan mendapatkan konteks yang lebih baik terkait kesehatan mereka. Apple Watch menganalisis metrik ini agar pengguna dapat memeriksa status kesehatan harian mereka dan melihat metrik yang perlu diperhatikan dalam sekejap, serta dengan mudah mengetahui saat metrik berada di luar kisaran tipikal pengguna. Ketika dua metrik atau lebih berada di luar kisaran tipikal, pengguna dapat menerima pemberitahuan, serta pesan yang menjelaskan bagaimana perubahan dalam metrik spesifik ini dapat dikaitkan dengan aspek lain dalam kehidupan mereka, seperti perubahan pada ketinggian, konsumsi alkohol, atau bahkan penyakit.
Fitur kesehatan Apple didasarkan pada sains dan dikembangkan dengan masukan dari para ahli klinis. Untuk memberikan informasi klasifikasi dan pemberitahuan terkait data-data vital yang berada di luar rentang normal, Vital menggunakan algoritma yang dikembangkan berdasarkan data nyata dari penelitian Apple Heart and Movement Study. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan jantung dan aktivitas fisik.

Dukungan Tambahan Selama Masa Kehamilan

watchOS 11, iOS 18, dan iPadOS 18 menawarkan dukungan tambahan bagi pengguna yang sedang hamil untuk merefleksikan perubahan pada kesehatan fisik dan mental mereka selama masa penting ini. Saat pengguna mencatat kehamilan di aplikasi Kesehatan di iPhone atau iPad, aplikasi Pelacakan Siklus di Apple Watch akan menunjukkan usia kehamilan dan memungkinkan mereka mencatat gejala untuk hal-hal yang sering dialami selama kehamilan. Mereka juga akan disarankan untuk meninjau hal-hal seperti pemberitahuan ambang batas detak jantung yang tinggi, karena detak jantung cenderung meningkat selama masa kehamilan.
Pelacakan Siklus ditampilkan pada iPhone 15 Pro.
Saat pengguna mencatat kehamilan di aplikasi Kesehatan di iPhone atau iPad, aplikasi Pelacakan Siklus di Apple Watch akan menunjukkan usia kehamilan dan memungkinkan mereka mencatat gejala untuk hal-hal yang sering dialami selama kehamilan.
Di aplikasi Kesehatan di iPhone atau iPad, pengguna yang sedang hamil juga dapat memilih untuk diingatkan agar melakukan penilaian kesehatan mental setiap bulan, karena kondisi seperti depresi selama dan setelah kehamilan dapat berisiko lebih tinggi. Kestabilan Berjalan, yang diukur oleh iPhone, juga dapat memperingatkan pengguna dengan lebih cepat tentang potensi risiko jatuh selama trimester ketiga kehamilan, karena risiko ini biasanya meningkat selama masa tersebut.

Pemahaman Baru yang Lebih Mendalam tentang Beban Latihan

watchOS 11 memperkenalkan beban latihan, cara baru yang sangat informatif untuk mengukur bagaimana intensitas dan durasi latihan berdampak pada tubuh pengguna dari waktu ke waktu. Beban latihan membantu pengguna memahami ketegangan pada tubuh mereka dari latihan selama tujuh hari terakhir dibandingkan dengan 28 hari terakhir. Informasi ini dapat membantu pengguna membuat keputusan yang tepat mengenai latihan mereka setiap hari, terutama saat mempersiapkan diri untuk sebuah acara baik itu 5K, balap sepeda, atau maraton pertama mereka.
Beban latihan adalah cara baru yang sangat informatif untuk mengukur bagaimana intensitas dan durasi olahraga berdampak pada tubuh pengguna dari waktu ke waktu, yang ditetapkan dengan penilaian upaya yang tersedia setiap usai latihan.
Untuk mengukur intensitas, penilaian upaya baru akan tersedia setiap usai olahraga untuk mengetahui seberapa sulitnya olahraga tersebut pada skala 1 hingga 10. Jenis olahraga berbasis kardio yang populer akan menggunakan algoritme baru yang inovatif untuk secara otomatis membuat estimasi penilaian upaya, menggunakan kombinasi sumber data seperti usia, tinggi badan, dan berat badan, serta data olahraga seperti GPS, detak jantung, dan ketinggian. Pengguna juga dapat menyesuaikan estimasi ini secara manual dengan memperhitungkan faktor lain seperti stres atau nyeri. Untuk olahraga yang tidak menyediakan perkiraan otomatis, seperti latihan kekuatan, pengguna masih dapat memasukan penilaian upaya disetiap akhir olahraga.
iPhone 15 Pro dan Apple Watch Series 9 menampilkan beban latihan pengguna.
Apple Watch akan menetapkan beban latihan selama 28 hari, rata-rata yang dipertimbangkan yaitu dengan memperhitungkan nilai upaya dan durasi olahraga pengguna selama periode ini.
Apple Watch akan menetapkan beban latihan selama 28 hari, rata-rata yang dipertimbangkan yaitu dengan memperhitungkan nilai upaya dan durasi olahraga pengguna selama periode ini. Di aplikasi Aktivitas, pengguna dapat melihat bagaimana beban latihan mereka selama tujuh hari terakhir dibandingkan dengan beban latihan selama 28 hari, diklasifikasikan sebagai jauh di bawah, di bawah, stabil, di atas, atau jauh di atas. Hal ini membantu mengindikasikan apakah ketegangan pada tubuh mereka saat ini meningkat, tetap sama, atau menurun sehingga mereka dapat menyesuaikan latihan mereka untuk mendapatkan hasil terbaik. Informasi tambahan di aplikasi Kebugaran di iPhone merincikan lebih lanjut dampak yang mungkin terjadi pada kebugaran mereka jika mereka terus berlatih pada level saat ini, seperti potensi perubahan kebugaran atau risiko cedera.
Kondisi kesehatan harian pengguna dan kemampuannya untuk berlatih dapat saling berkaitan, Sehingga beban latihan dapat dilihat bersama informasi dari aplikasi Vital di aplikasi Aktivitas dalam Apple Watch atau aplikasi Fitness di iPhone. Pengguna juga dapat melihat beban latihan mereka di dalam aplikasi Vital.

Lingkaran Aktivitas yang Lebih Mudah Disesuaikan dan Aplikasi Kebugaran

Setiap hari, lingkaran Aktivitas membuat pengguna Apple Watch termotivasi untuk mengurangi duduk, lebih banyak bergerak, dan berolahraga, dan dengan watchOS 11, lingkaran ini bahkan lebih mudah disesuaikan. Baik pengguna merencanakan hari istirahat selama latihan, mengalami cedera, atau hanya butuh hari libur, mereka sekarang memiliki kemampuan untuk menjeda lingkaran mereka selama sehari, seminggu, sebulan, atau lebih tanpa memengaruhi catatan penghargaan mereka. Pengguna juga dapat menyesuaikan target lingkaran Aktivitas mereka berdasarkan hari, sehingga lingkaran tersebut memberikan motivasi yang tepat pada saat yang tepat.
Selain itu, aplikasi Kebugaran di iPhone memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tab Ringkasan untuk melihat apa yang mereka inginkan, termasuk metrik baru untuk olahraga seperti lari, mendaki, berenang, dan kesadaran.
Pengguna dapat menyesuaikan tab Ringkasan di aplikasi Kebugaran di iPhone untuk melihat apa yang mereka inginkan.
Apple Fitness+ telah didesain ulang di iOS 18, iPadOS 18, dan tvOS 18 untuk membantu pengguna memanfaatkan perpustakaannya yang lengkap, tetap termotivasi, dan menjaga konsistensi rutinitas kebugaran mereka. Pembaruan mencakup ruang Untuk Anda yang dipersonalisasi, ruang Jelajahi dan Perpustakaan, fitur pencarian, dan penghargaan yang disempurnakan.

Personalisasi Juga Hadir di Tumpukan Cerdas dan Wajah Foto

Apple Watch menawarkan berbagai cara bagi pengguna untuk menyesuaikan pengalaman mereka, dan pembaruan di watchOS 11 membuat Apple Watch semakin personal dan praktis.
Tumpukan Cerdas dirancang untuk membantu pengguna mengakses informasi penting dengan cepat dari wajah jam apa pun, dan di watchOS 11, Tumpukan Cerdas menjadi semakin cerdas. Widget baru termasuk Shazam, Foto, Jarak, dan lainnya kini tersedia. Selain itu, Tumpukan Cerdas dapat menyarankan widget berdasarkan waktu, tanggal, lokasi, rutinitas harian, dan lainnya, sehingga lebih memudahkan pengguna untuk mengakses fitur di Apple Watch saat dibutuhkan. Sebagai contoh, widget peringatan cuaca buruk yang baru dapat muncul sebelum badai petir. Widget interaktif baru memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi langsung dari Tumpukan Cerdas, dan Aktivitas Langsung juga kini tersedia di Apple Watch dalam Tumpukan Cerdas.
Di watchOS 11, wajah jam Foto dapat membantu pengguna memilih opsi foto terbaik mereka dengan menganalisis ribuan foto dengan cepat menggunakan pembelajaran mesin dan membuat rekomendasi berdasarkan estetika, komposisi, dan bahkan ekspresi wajah. Kemudian, algoritme khusus menemukan komposisi terbaik dengan mengoptimalkan posisi subjek di dalam frame dan menciptakan kesan kedalaman. Pengguna dapat lebih jauh mempersonalisasi wajah jam dengan ukuran, tata letak, pilihan font, dan lainnya, dan wajah Foto kini menawarkan mode Dinamis sehingga pengguna dapat melihat gambar baru setiap kali mereka mengangkat pergelangan tangan.

Lebih Banyak Lagi Kemudahan dan Cara Untuk Tetap Terhubung

Untuk membantu pengguna merasa lebih terhubung dan aman, Check In kini tersedia di Apple Watch, termasuk saat berolahraga. Baik saat pengguna sedang berlari pagi atau mengikuti sesi olahraga larut malam, mereka dapat mengakses Check In secara langsung di dalam aplikasi Olahraga sehingga teman atau anggota keluarga dapat memantau hingga olahraga mereka selesai. Pengguna juga dapat memulai Check In dari Pesan, seperti pada iPhone.
Aplikasi Terjemahan juga hadir di Apple Watch, sehingga pengguna dapat langsung mengakses terjemahan untuk salah satu dari 20 bahasa yang didukung di pergelangan tangan mereka. Dengan kecerdasan baru Tumpukan Cerdas, Apple Watch dapat secara otomatis menyarankan widget aplikasi Terjemahan ketika pengguna bepergian ke lokasi dengan bahasa yang berbeda dari bahasa Apple Watch mereka. Dan Terjemahan kini menyediakan romanisasi, pengucapan untuk bahasa yang menggunakan alfabet Latin.
Selain itu, gerakan ketuk dua kali kini dapat digunakan untuk menggulir aplikasi apa pun seperti Pesan, Kalender, atau Cuaca, sehingga berinteraksi dengan Apple Watch menggunakan satu tangan menjadi lebih mudah.
Pembaruan lainnya di watchOS 11 termasuk:
  • Aplikasi Olahraga menawarkan lebih banyak jenis olahraga yang dapat melacak jarak menggunakan penyempurnaan dalam posisi GPS, termasuk Sepak Bola, Sepak Bola Amerika, Sepak Bola Australia, Hoki Luar Ruangan, Lacrosse, Ski Lereng, Ski Lintas Alam, Snowboarding, Golf, Mendayung di Alam Terbuka, dan banyak lagi. Pengguna juga dapat melihat peta rute mereka untuk jenis olahraga lainnya.
  • Olahraga Khusus kini dapat digunakan untuk Berenang di Kolam Renang, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan olahraga berbasis interval dengan dukungan untuk set olahraga dan pemulihan, dan feedback berupa sentuhan sebagai penanda untuk beralih ke interval berikutnya. Di semua Olahraga Khusus, tampilan olahraga Berikutnya yang baru dapat menunjukkan sisa interval saat ini dan memberikan cuplikan interval selanjutnya.
  • Peta Apple menawarkan pendakian untuk semua taman nasional AS, yang dapat disimpan ke Apple Watch dan diakses secara offline dengan petunjuk arah per simpangan, bahkan tanpa iPhone di dekatnya. Pengguna juga dapat membuat rute jalan kaki mereka sendiri di dalam aplikasi Peta di iPhone dan menyimpan rute tersebut, sehingga mereka dapat menavigasinya nanti dengan berbekal Apple Watch saja.
  • Rangkuman pemberitahuan, yang didukung oleh Apple Intelligence, akan diteruskan dari iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ke Apple Watch.1
  • Penyempurnaan tiket meningkatkan informasi yang diberikan kepada pengguna tentang tiket di Dompet Apple, seperti kapan jam buka sebuah tempat dan kapan pertunjukan dimulai. Aktivitas Langsung akan dimulai pada acara tersebut sehingga pengguna dapat melihat tempat duduk mereka dan informasi penting lainnya di bagian atas Tumpukan Cerdas.

Alat Baru untuk Pengembang

watchOS 11 menyertakan API baru yang memungkinkan pengembang memanfaatkan peningkatan kecerdasan dan kemampuan Tumpukan Cerdas, serta pengalaman mengagumkan dari gerakan ketuk dua kali.
Pengembang dapat memasukkan petunjuk relevansi seperti waktu dan tanggal agar informasi penting dari aplikasi mereka muncul pada waktu yang tepat di Tumpukan Cerdas, dan sekarang dapat menambahkan kemampuan seperti interaktivitas ke widget mereka. Aktivitas Langsung akan secara otomatis muncul di Tumpukan Cerdas, sehingga pengguna dapat melihat pembaruan saat itu juga, seperti ketika pesanan sudah siap di Panera Bread atau ketika ada perubahan gate penerbangan dengan Flighty. Pengembang dapat menggunakan API untuk menyesuaikan kemunculan Aktivitas Langsung di Apple Watch.
Selain itu, API Double Tap yang baru memungkinkan pengembang untuk menentukan tindakan dalam aplikasi yang dapat diselesaikan oleh pengguna hanya dengan satu tangan, seperti mencatat waktu tidur bayi di aplikasi Sprout's Baby Tracker.

Privasi

Privasi adalah hal yang fundamental dalam desain dan pengembangan di semua fitur Apple. Saat perangkat pengguna terkunci dengan kode sandi, Touch ID, atau Face ID, semua data kesehatan dan kebugaran di aplikasi Kesehatan, selain ID Medis dienkripsi. Semua data Kesehatan yang dicadangkan di iCloud juga dienkripsi, baik saat transit maupun saat berada di server Apple. Saat menggunakan iOS, iPadOS, dan watchOS dengan autentikasi dua faktor default dan kode sandi, data aplikasi Kesehatan yang disinkronkan ke iCloud dienkripsi dari ujung ke ujung, yang berarti Apple tidak memiliki kunci untuk mendekripsi data dan karenanya tidak dapat membacanya.
Ketersediaan
Versi beta pengembang watchOS 11 tersedia untuk anggota Program Pengembang Apple di developer.apple.com mulai hari ini. Beta publik akan tersedia untuk pengguna watchOS bulan depan di beta.apple.com. watchOS 11 akan tersedia tahun ini sebagai pembaruan perangkat lunak gratis untuk Apple Watch Series 6 atau lebih baru yang dipasangkan dengan iPhone Xs atau lebih baru, yang menjalankan iOS 18. Beberapa fitur mungkin tidak tersedia di semua wilayah atau semua bahasa, atau di semua perangkat. Fitur dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi apple.com/watchos/watchos-preview.
Bagikan artikel

Media

  • Teks artikel ini

  • Gambar dalam artikel ini

  1. Apple Intelligence tersedia secara gratis untuk pengguna, dan akan tersedia dalam versi beta sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia tahun ini dalam bahasa Inggris (AS). Beberapa fitur, platform perangkat lunak, dan bahasa tambahan akan hadir tahun depan. Apple Intelligence akan tersedia di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac dengan M1 dan lebih baru. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi apple.com/apple-intelligence.

Kontak Pers

Leni Marliana

Apple

[email protected]

(62) 895 3766 77315

Izzie Saleh Ali

Apple

[email protected]

(65) 8876 5933